hosting

Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Sitemap

Bagi para blogger atau pengelola situs/website, mungkin istilah sitemap sudah sering didengar dan sudah memahami tentang pengertian serta fungsi sitemap. Namun untuk para pemula seperti saya 😅, mungkin masih butuh pemahaman mengenai apa itu sitemap.

PENGERTIAN
Menurut wikipedia, Sitemap adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster, blogger, pengelola atau admin website yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Dengan begitu, mesin pencari atau search engine google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. Sehingga situs/website yang kita kelola lebih ramah terhadap mesin pencari atau search engine google.

FUNGSI
Seperti yang telah disebutkan diatas, Sitemap akan membantu situs serta semua halaman di dalam situs Anda untuk dirayapi dan di index oleh mesin pencari.

CARA MEMBUAT
Setelah kita mengerti dan memahami mengenai pengertian dan fungsi dari sitemap tentunya bagi para webmaster, blogger, pengelola atau admin website tentunya menginginkan supaya blog atau website yang dikelola dapat dengan mudah di index oleh google bukan? Oleh sebab itu kita akan belajar bersama mengenai cara membuat sitemap dengan benar.

Apabila Anda seorang ahli coding, sebenarnya membuat sitemap bisa saja Anda buat sendiri. Namun bagi Anda yang awam dengan coding, tidak perlu khawatir! Karena ada beberapa tools atau alat bantu yang bisa digunakan untuk membuat sitemap dengan mudah. Untuk kali ini tools yang akan saya contohkan adalah XML-Sitemaps. Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya:

Membuat Sitemap dengan XML-sitemaps.com
1. Di dalam tools XML-sitemaps.com kita bisa membuat sitemap secara online dengan mudah. Tinggal Anda masukkan alamat situs/blog Anda


2. Kemudian klik "start" dan tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai


3. Setelah proses pembuatan sitemap selesai, Anda klik tombol "view sitemap detail"


4. Anda download file sitemap dalam bentuk xml dengan cara klik tombol "Download Your XML Sitemap File"

5. Anda telah berhasil membuat sitemap!

Lalu setelah proses pembuatan dan sudah Anda download mau diapakan file sitemap-nya? 😂

Selanjutnya tinggal Anda upload file sitemap tadi di Google Search Console. Bagi yang belum tahu apa itu Google Search Console silahkan baca artikel saya sebelumnya dulu ya biar gak roaming 😅
Previous
Next Post »