hosting

Sistem Kerja Kompuer

sistem kerja komputer
Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah sebuah data menjadi sebuah informasi, maka diperlukan sebuah sistem yang yang disebut sistem komputer. Sistem yang dimaksud disini terdiri atas elemen-elemen yang saling terhubung sehingga membentuk satu kesatuan yang dapat digunakan untuk melakukan tujuan pokok dari sistem tersebut.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan menjelaskan sistem kerja komputer. Pada dasarnya sistem kerja komputer terdiri dari 4 tahapan yaitu:
  1. Input atau masukan. Sebenarnya input itu adalah suatu perintah yang dimasukkan oleh operator atau pengguna komputer dengan media perangkat masukan atau (input device). Contoh perangkat masukan atau input device yang berfungsi untuk memberikan perintah / input ke komputer adalah: keyboard, mouse, scanner dan lain sebagainya.
  2. Process atau proses. Setelah operator atau pengguna kompuet menginputkan sebuah perintah melalui perangkat masukan (input device), komputer akan segera memproses dengan perangkat CPU (central processing unit).
  3. Output atau keluaran. Pada tahapan ini komputer akan menampilkan hasil dari apa yang telah diinputkan atau dimasukkan oleh pengguna komputer yang telah diolah atau diproses oleh perangkat CPU. Contoh perangkat output diantaranya adalah: monitor, speaker, printer, LCD projector dan masih banyak lagi yang lainnya.
  4. Storage atau media  penyimpanan. Pada tahapan ini merupakan tahapan dimana komputer akan melakukan penyimpanan atau merekam hasil pengolahan ke perangkat penyimpanan (storage divice) dan dapat digunakan atau diakses kembali pada saat dibutuhkan.
Demikian postingan dari penulis. Semoga bermanfaat :)
Previous
Next Post »