hosting

Pengertian Sistem Operasi

sistem operasi
Sistem Operasi (Operating System) adalah software atau perangkat lunak sistem yang berfungsi untuk mengontrol dan mengatur hardware (perangkat keras) dan operasi-operasi dasar sistem, sistem operasi juga yang bertugas untuk menjalankan software aplikasi seperti aplikasi pengelola data, aplikasi penjelajah web dan lain-lain. Dapat disimpulkan pengertian sistem operasi adalah perangkat lunak untuk mengelola semua sumber daya yang ada pada sebuah komputer dan sistem operasi beperan sebagai penyedia layanan guna memudahkan pengguna dalam mengoperasikan komputer dan memberikan kenyamanan dalam penggunaannya.

Gambaran Kerja Sistem Operasi
Pada prosesnya peran sistem operasi dalam suatu komputer dapat digambarkan sebagai berikut: saat komputer dihidupkan pertama kali, komputer akan memanggil sistem operasi yang tersimpan pada harddisk melalui perangkat RAM. Bagian dari sistem operasi yang berperan secara langsung dalam melakukan komunikasi dengan hardware disebut kernel. Adapun bagian dari sistem operasi yang bertugas menghubungkan UI atau antarmuka aplikasi dengan user disebut dengan shell. Jenis shell pada komputer terdiri dari 2 macam yang pertama berbentuk text yang disebut dengan command line (CLI), yang kedua berbentuk grafis yang disebut Graphical User Interface (GUI). Masing-masing dari kedua jenis shell ini memiliki fungsi berbeda, CLI untuk mempercepat akses dalam pengoperasian sedangkan GUI untuk mempermudah user mengoperasikan komputer, dan yang paling banyak digunakan saat ini adalah mode GUI.

Saat ini terdapat beberapa macam jenis Sistem Operasi yang populer digunakan pada sebuah komputer. Contoh sistem operasi diantaranya adalah Microsoft Windows, Linux, dan Macintosh.

Sumber: www.mandalamaya.com
Previous
Next Post »