hosting

Proyek Pelatihan Tenaga Kerja Wanita Indonesia

pelatihan tenaga kerja
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari website Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (www.kemenpppa.go.id), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA) dan Tahir Foundation (TF) telah menandatangani Nota Kesepahaman Proyek Pelatihan  Calon Tenaga Kerja Wanita (TKW) untuk mempersiapkan Calon Tenaga Kerja Wanita yang kompeten. Menteri PP dan PA, Yohana Yembise mengatakan kolaborasi proyek pelatihan calon Tenaga Kerja Wanita ini merupakan wujud kepedulian seorang anak bangsa seperti Prof. Dr. Tahir  yang mau membantu calon Tenaga Kerja Wanita Indonesia. “Kerjasama ini saya sambut dengan sukacita karena visinya untuk mengembalikan harkat dan martabat perempuan Indonesia yang bekerja di luar negeri, yang selama ini menemui banyak permasalahan.

Selama ini TKW Indonesia yang bekerja di luar negeri sebagian besar  bekerja sebagai PRT (pembantu rumah tangga) demi mendapatkan uang untuk menghidupi keluarganya. Dengan status sebagai PRT, mereka tidak memiliki posisi tawar. Akibatnya, TKW bekerja dengan penuh pengorbanan walaupun diperlakukan tidak adil, seperti disiksa, menjadi korban pelecehan, bahkan kehilangan nyawanya.

Dengan mengambil tagline "Wanita Indonesia Hebat (WIH)", proyek pelatihan calon  TKW ini akan diadakan selama 5 (lima) tahun dengan melibatkan enam (6) Provinsi sebagai pilot project di tahun pertama ini diantaranya JABAR, JATENG, JATIM, NTT, NTB dan MALUKU.

Prof. Dr. Tahir mengatakan Tahir Foundation tidak bisa memberantas kemiskinan secara keseluruhan, namun setidaknya dengan kerja sama bersama Kementerian PP dan PA ini, Tahir Foundation bisa memberikan pelatihan yang konsisten kepada perempuan Indonesia yang tidak berkeahlian menjadi calon TKW yang berkeahlian dan berketahanan sehingga mempunyai posisi tawar,  bukan lagi sebagai PRT ( Pembantu Rumah Tangga) sehingga mereka dapat memperoleh penghasilan tambahan bagi dirinya dan keluarganya serta dapat mengurangi resiko terhadap tindakan pelecehan.

Menjadi TKW di luar negeri bukan menjadi tujuan utama, tetapi menjadi tujuan antara. “Saya berharap menjadi TKW di luar negeri hanya selama 2-3 tahun guna mendapatkan modal untuk berwirausaha, lebih-lebih kalau bisa menjadi wirausaha di luar negeri, kan mereka sudah dibekali keahlian bahasa dan ketrampilan.

Pelatihan Tenaga Kerja Wanita Indonesia Hebat (WIH) ini meliputi lima (5) Bidang Pelatihan, antara lain Bidang Bahasa (Bahas Inggris dan Bahasa Mandarin), Bidang Hospitality, Bidang Keperawatan, Bidang Dasar Bisnis dan Pelatihan Pengembangan Karakter.

Pelatihan Tenaga Kerja Wanita ini rencana akan di mulai bulan Agustus di enam (6) provinsi. Kementerian PP dan PA dengan Tahir Foundation akan bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri dan kementerian/ lembaga terkait (Menaker dan BNP2TKI) dan  melalui duta besar Indonesia di negara tujuan, seperti  Hongkong, Singapore, Malaysia, Taiwan, dan khususnya Dubai.

Info lebih lanjut silahkan kunjungi www.kemenpppa.go.id
Previous
Next Post »